Pengertian industri atau pabrik dan macam-macam industri

Pengertian industri atau pabrik dan macam-macam industri

Di lansir dari BisesaContractor.co.id, Pabrik yang dalam bahasa asingnya kita kenal sebagai factory atau plant. Pabrik adalah suatu tempat dimana elemen dan faktor-faktor seperti: Manusia (SDM), SDM (air, tanah, mineral, dll), mesin dan peralatan (fasilitas) produk yang lain, material, energi, informasi, uang (kapital/modal). Dikelola bersama-sama dalam suatu metode atau sistem produksi. Guna menciptakan dan menghasilka suatu jasa atau produk secara efektif, tepat sasaran, efisien dan aman.

Pabrik diistilahkan sama dengan industri, walaupun industri hakekatnya mempunyai pengertian yang lebih luas. Pabrik pada dasarnya adalah salah satu jenis industri yang khususnya akan menciptakan dan menghasilkan produk jadi. Seperti halnya pada industri manufaktur.

Macam-Macam Industri

1. Industri Penghasil Bahan Baku (The Primary Raw Material Industries)

Adalah industri yang kegiatan produksinya yaitu mengolah sumber daya alam guna menghasilkan bahan baku ataupun bahan tambahan lainnya yang diperlukan oleh industri penghasil jasa atau produk. Industri jenis ini dikenal sebagai “primary industry/extractive”. Contoh: Industri pengolahan bijih besi dsb.

2. Industri Manufaktur (The Manufacturing Industries)

Adalah industri yang memproses bahan baku untuk dijadikan berbagai macam model/bentuk produk, berupa produk setengah jadi maupun yang telah berupa produk jadi. Disini akan terjadi transformasi proses secara fisik maupun kimiawi terhadap input material dan akan memberikan poin tambah terhadap material tersebut. Contohnya: Industri mobil, industri permesinan, dan lain-lain.

3. Industri Penyalur (Distribution Industries)

Adalah industri yang berfungsi untuk melakukan pelayanan jasa industri baik untuk bahan baku ataupun yang sudah berupa produk jadi. Disini bahan baku maupun bahan setengah jadi akan didistribusikan dari produsen yang lain dan dari produsen ke konsumen. Operasi kegiatan akan mencakup kegiatan pembelian dan penjualan, sorting, penyimpanan, grading, packaging dan transportasi (moving goods).

4. Industri Jasa/Pelayanan (Service Industries)

Adalah industri yang bergerak di bidang Jasa atau pelayanan, baik untuk melayani dan mensupport kegiatan industri yang lain ataupun langsung memberikan jasa/pelayanan terhadap konsumen. Contohnya: Jasa angkutan, bank, rumah sakit,dsb.

Dari paparan yang sudah kami jelaskan di atas mengenai pengertian industri atau pabrik. Maka bisa dibilang bahwa industri akan mempunyai definisi dan pengertian yang luas sesuai dengan karakteristik dari dari jenis masukan, proses produksi yang berlangsung, dan jenis keluaran yang dihasilkan. Dalam kaitannya dengan jenis keluaran yang dihasilkan oleh karenanya industri yang menghasilkan keluaran berupa perlengkapan dan peralatan produksi, material, mesin dan lain-lain. Kesemua itu akan dipakai untuk proses produksi di pabrik/industri lain yang dikenal sebagai “producer goods industries”. Sedangkan industri yang hasil keluarannya akan langsung dipakai oleh konsumen disebut dengan “consumer goods industries”.

Itulah pengertian industri atau pabrik dan macam-macam industri yang bisa kami share untuk anda. bagi Anda yang berniat membangun sebuah pabrik terlebih dulu pelajari hal-hal semacam ini. Anda juga bisa berkonsultasi pada ahlinya. Dalam hal ini berarti kontraktor pabrik. disana anda bisa menanyakan apa saja yang anda ingin tahu.

Leave a Reply