Tips Mengecat Rumah dengan Sempurna

Tips Mengecat Rumah dengan Sempurna

Cat bukan hanya pelindung atau pelapis dinding yang memiliki nilai estetis, tetapi juga memberi pengaruh secara signifikan pada perubahan ruangan. Hanya dengan mengecat ulang dinding di suatu area, nuansa dan kesan baru pun tercipta.

Anda tak perlu lagi menebak, dan mengira warna yang cocok untuk ruangan rumah jika mengetahui triknya.

Mengecat kamar misalnya. Ruangan ini adalah yang paling intim dan pribadi, jadi perlu warna yang sesuai dengan kepribadian.

Berikut ini beberapa tips yang bisa mengurangi risiko gagal saat mengecat rumah.

  1. Belilah cat yang berkualitas. Cat yang berkualitas biasanya memiliki standar ketat dan petunjuk yang jelas tentang cara penggunaannya. Seringkali justru cat-cat seperti ini memiliki program khusus misalnya bekerjasama dengan majalah untuk mengeluarkan paduan warna yang memudahkan konsumen memilih warna sesuai keinginan.
  2. Persiapan. Ini adalah faktor utama pengecatan yang sempurna. Kurangnya persiapan justru membuat Anda mengalami kerugian yang banyak. Aplikasi warna pada dinding misalnya, bisa lebih presisi jika kita memiliki gambar desain atau skema warna yang sudah dipersiapkan.
  3. Singkirkan barang-barang yang tidak perlu, seperti paku atau bekas isolasi yang masih menempel pada dinding. Pengecatan juga bisa lebih sempurna jika dinding lebih rata. Untuk itu tutuplah lubang atau coakan dengan dempul atau dengan semen hingga kering sebelum melakukan pengecatan. Jika ruangan memiliki dua warna yang beda, gunakan isolasi untuk alat bantu penutup pada batas warnanya. Isolasi membuat sambungan warna lebih rata dan terlihat cantik. Lepas isolasi setelah cat kering.
  4. Cat dinding dengan menggunakan roll. Gunakan pola pengecatan dengan rol seperti huruf ”W’S”, atau ”M’S”. Selalu lakukan pengecatan dari sisi dinding yang telah kering untuk mencegah pola roller yang tersisa pada dinding.

Dalam kasus lain kita juga harus tahu kondisi tembok yang akan kita cat, Memiliki trik khusus dalam melakukan pengecekan tembok menjadi sangat berbeda antara tembok yang baru dengan tembok yang sudah lama. Bagaimana mengcat di tembok yang basah, bagaimana mengecat didinding yang berjamur. Anda bisa baca di Artikel berikutnya :

– Tips Mengecat Tembok Baru Dan Tembok Yang Sudah Lama

Demikian tips dari kami, semoga bisa bermanfaat. jangan lupa untuk subscribe website BISESA GROUP dan dapatkan tips-tips menarik lainnya.

Leave a Reply