Tips Mengecat Tembok Yang Masih Baru Dan Tembok Yang Sudah Lama

Tips Mengecat Tembok Yang Masih Baru Dan Tembok Yang Sudah Lama

Memiliki trik khusus dalam melakukan pengecekan tembok menjadi sangat berbeda antara tembok yang baru dengan tembok yang sudah lama. Hal ini disebabkan bukan karena kondisi tembok saja yang memiliki perbedaan. Tapi ada beberapa hal lainnya yang sangat perlu untuk dipertimbangkan dalam sebuah trik pengecatan.

Tembok yang masih baru

Dalam beberapa kondisi dan situasi untuk tembok yang masih baru karena memiliki struktur yang baru biasanya akan lebih basah. Dinding yang baru ini juga biasanya membutuhkan beberapa proses untuk membuat semen menjadi keras dan menjadi kering sempurna. Sehingga perlu untuk menunggu selama lebih dari 28 hari sebelum dilakukan pengecatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi pengelupasan pada bagian yang di cat.

Tembok yang sudah lama

Sedangkan untuk pengecatan pada tembok yang sudah lama biasanya akan lebih sulit, apalagi jika ini terjadi pada tembok yang lebih lembab dan juga yang suka berjamur. Biasanya untuk teknik pengecatannya juga harus melakukan pembersihan dinding. Jika hal ini tidak dilakukan maka akan ada kemungkinan pengecatan dinding tidak merata. Hal ini dikarenakan masih banyak sisa dari kotoran tembok yang menempel. Faktor inilah yang bisanya membuat pengecatan yang tidak sempurna dan menggelembung, menjadi mengelupas dan juga terkadang menimbulkan beberapa bercak noda.

Dinding yang lembab

Untuk triknya sebelum melakukan pengecatan dinding yang lembab sangat disarankan untuk melakukan pengamplasan di permukaan dinding. Kemudian dilapisi dengan cat dasar yang agak tipis yang juga memiliki sifat cat tahan terhadap air. Hal ini dilakukan agar tidak merembes di permukaan dari tembok dinding yang akan di cat. Selanjutnya ini memberikan pengaruh agar cat bisa menempel lebih lama dan lebih sempurna.

Dinding yang berjamur

Sedangkan untuk dinding yang berjamur. Diharuskan untuk melakukan pembersihan di permukaan dari tembok yang terkena jamur akibat dari lembab. Sangat disarankan untuk membersihkan tembok dari jamur sampai ke bagian akarnya. Jika tak berhasil bisa juga menggunaakan beberapa bahan dari kimia. Sehingga mampu memberantas jamur yang selanjutnya akan di cat setelah temboknya kering.

Tembok yang mengalami pengapuran

Sedangkan trik terakhir untuk tembok yang mengalami pengapuran maka diperlukan untuk membersihkannya dengan larutan dari kaporit. Setelahnya lakukan pengamplasan setelahnya baru dilakukan pengecatan untuk cat bagian dasar. Setelah selesai barulah bisa melakukan pengecatan dengan menggunakan kuas atau bisa juga dengan menggunakan Roll.

Baca juga: – Tips Mengecat Rumah Dengan Sempurna

Demikian tips dari kami , semoga bisa bermanfaat. jangan lupa untuk subscribe website BISESA GROUP dan dapatkan tips-tips menarik lain yang di update setiap hari.

Leave a Reply