Cara Membuat Pagar Rumah Sendiri

Cara Membuat Pagar Rumah Sendiri

BISESAGROUP.COM – Pagar merupakan salah satu elemen pelengkap yang harus ada di dalam rumah. Selain penting untuk keamanan rumah serta sebagai cara mencegah rumah kemalingan, pagar juga dapat menaikkan nilai plus untuk tampilan rumah minimalis sederhana Anda.

Terdapat berbagai macam jenis pagar, dimana salah satunya adalah pagar tembok. Pagar tembok memiliki banyak variasi yang menarik dan indah. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan sederhana. Penasaran? Berikut ini adalah cara membuat pagar tembok:

Tips Sebelum Membuat Pagar Tembok

Pagar tembok minimalis memiliki fungsi sebagai nilai tambahan dari tampilan sebuah rumah serta pelindung rumah dari berbagai ancaman diluar rumah. Menentukan desain pagar tembok adalah hal yang wajib Anda lakukan. Perlu ada penyesuaian desain pagar dengan desain rumah supaya desain tidak saling bertabrakan satu sama lain dan saling melengkapi. Ada beberapa pertimbangan desain yang harus Anda perhatikan, seperti :

  • Model atau tipe yang Anda pilih, walaupun kini orang-orang cenderung memilih tipe minimalis dan modern.
  • Material tembok yang Anda inginkan, yakni bahan-bahan dalam membangun rumah seperti terbuat dari batu bata merah, batako, batu alam dan sebagainya.

Pada saat Anda akan membuat pagar tembok rumah,  dalam cara membuat pagar rumah sendiri ada tips-tips yang perlu  Anda lakukan agar pembangunan pagar berjalan dengan baik, yaitu :

  • Menentukan desain pagar tembok yang serasi dengan bangunan rumah anda
  • Menentukan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat pagar tembok
  • Menentukan budget yang akan Anda habiskan untuk membuat pagar (RAB). Hal ini penting sebagai cara membangun rumah dengan dana minim.
  • Menentukan warna cat yang akan anda gunakan. Usahakan sesuai dengan warna cat rumah eleganAnda.
  • Menyesuaikan pagar tembok agar selaras dengan model pagar besi nantinya.

Bahan dan Alat Pembuatan Pagar Tembok

Sebelum anda hendak membuat pagar tembok, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk proses pembuatan. Alat dan bahan ini sederhana dan cukup mudah ditemukan di toko bangunan. Diantaranya adalah :

  • Sekop
  • Sendok semen
  • Pacul / cangkul
  • Semen
  • Pasir & Kerikil
  • Air (sekucukupnya)
  • Batu bata (atau material pengganti lain untuk pagar tembok)
  • Pembatas
  • Papan kayu
  • Dan lain-lainnya.

Cara Membuat Pagar Tembok

Setelah semua bahan terkumpul, saatnya untuk membuat pagar tembok. Tahapan-tahapan cara membuat pagar tembok adalah sebagai berikut :

  1. Seperti halnya cara membangun pondasi rumah, hal pertama yang Anda lakukan adalah membatasi area kerja. Ini merupakan hal umum yang dilakukan ketika melakukan pekerjaaan bangunan supaya menjaga kualitas pekerjaan tetap rapi dan sesuai dengan gambar kerja. Setelah itu, tanah digerus sesuai dengan batas untuk membangun pondasi pagar. Pondasi pagar rumah penting untuk menjaga pagar tetap kokoh dan berdiri dengan baik. Cara membuat pondasi pagar rumah sangat mudah dan sederhana. Diamkan sekitar satu hari setelah pondasi selesai dibangun.
  2. Begitu pondasi sudah benar-benar kering, Anda dapat memulai pekerjaan dengan menyaring pasir dan kerikil menggunakan alat penyaring. Pastikan benar-benar terpisah dan pasir halus. Buang sisa-sisa kerikil ditempat yang disediakan agar area kerja tetap bersih dan nyaman.
  3. Setelah selesai, campurkan pasir tersebut dengan semen. Campur keduanya hingga merata. Campuran ini lalu Anda gunakan untuk menyusunkan batu bata / batako pada dinding. Anda dapat membiarkan batu dengan bentuk aslinya untuk memberikan kesan natural atau menutupnya lagi dengan acian.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Sebagai alternatif tambahan, Anda juga dapat membuat pagar dengan cara kedua, yaitu :

  1. Setelah membuat galian tanah dan menandai area kerja, galilah tanah untuk membuat tanggul atau dinding pagar yang membentuk vertikal keatas. Kemudian letakkanlah dua buah balok kayu di kedua sisi dinding pagar sebagai pembatas. Pasang rebar sampai membentuk cetakan untuk pagar tembok Anda.
  2. Adukkan semen kemudian dimasukkan ke dalam cetakan kayu. Setelah itu, buatlah cetakan untuk membuat tonggak diantara dinding pagar vertikal. Pasang balok penyangga dikedua sisi dinding agar tonggak atau dinding horizontal pagar menjadi lebih kuat. Setelah itu, masukkan adukkan semen ke dalam cetakan.
  3. Anda dapat menunggu hingga kering dan dinding siap dipakai. Pastikan dinding benar-benar kering sebelum Anda melepaskan dinding penyangga dan balok kayu.

Desain pagar ini sebenarnya cukup populer dan banyak disukai oleh masyarakat. Alasannya adalah pagar ini memberikan rasa aman dan melindungi privasi. Selain itu, biaya pembangunannya cukup terjangkau. Cocok bukan sebagai tips hemat membangun rumah sendiri? Pastikan pagar Anda tidak terlalu tinggi sehingga menimbulkan kesan kaku dan tidak ramah. Biasanya pagar dibuat sekitar 1  sampai 2 meter tingginya.

Baca : Cara Mengatasi Atap Bocor

Sebagain varian, Anda tidak harus membuat pagar full dengan tembok, tetapi dapat mendekorasinya dengan membuat profile atau pun dengan menambah tanaman rambat. Atau bisa juga dengan memberikan permainan penataan pada penyusunan batu bata supaya pagar lebih menarik. Demikianlah cara membuat pagar rumah sendiri., khususnya pagar tembok. Tidak sulit bukan? Selamat mencoba.

Leave a Reply